Makanan-makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi sepiring makanan (Unsplash/Sam Moqadam)

Bagikan:

Protein yang terkandung di dalam makanan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manusia memerlukan protein guna memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh.

Manfaat lain dari protein adalah berfungsi membantu mengurangi lemak perut dan berat badan. Di samping itu, protein akan bekerja meningkatkan massa dan kekuatan otot tubuh.

Protein juga sangat penting untuk dikonsumsi anak-anak. Protein dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan anak.

Berikut ini makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, melansir dari Health Line dan Men Health.

Brokoli

Sayuran satu ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein yang dimiliki mencapai 3 gram per 96 gram bahan.

Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin C, vitamin K, kalium, dan serat. Sayuran ini juga dapat digunakan sebagai penangkal serangan kanker karena memiliki nutrisi bioaktif.

Tuna

Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti selalu mengkampanyekan untuk makan ikan. Ia mengatakan bahwa makan ikan dapat membuat otak menjadi cerdas.

Salah satu ikan yang memiki protein tinggi adalah Tuna. Tuna memiliki kandungan protein mencapai 27 gram per 142 gram.

Ikan tuna juga memiliki banyak kandungan gizi. Terdapat lemak omega 3 dalam ikan ini. Kemudian ikan ini juga tergolong ke dalam makanan rendah lemak dan kalori.

Untuk mengkonsumsinya, tuna bisa diolah dengan beragam cara. Bisa dengan dipanggang, direbus, hingga dijadikan bahan salad.

Kacang

Makanan yang sering dijadikan camilan ini mempunyai kandungan protein yang tinggi. Protein di dalamnya mencapai 7 grap per 1 ons, atau 28 gram bahan.

Kacang bisa digunakan untuk makanan pembantu menurunkan berat badan. Sealin itu, kacang juga mengandung magnsium dan serat yang tinggi.

Dada ayam

Ayam menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, terutama di bagian dadanya. Dada ayam memiliki protein mencapai 53 gram, sementara kalorinya hanya 284.

Telur

Makanan yang bisa diolah dalam berbagai sajian ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Telur besar mengandung protein sebesar 6 gram dan 78 kalori.

Selain protein, telur juga mengandung banyak gizi, mulai dari vitamin, lemak sehat, mineral, aktioksidan, dan nutrisi yang baik untuk otak.

Itu tadi beberapa makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Makanan-makanan tersebut sangat mudah didapatkan di tempat pembelanjaan. Mulai sekarang penuhi konsumsi anda dengan makanan tinggi protein.

Ikuti dan baca terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.