Makanan Khas Banjarmasin yang Sedap dan Membuatmu Ketagihan
Gangan Paliat (Beritabanjarmasin.com)

Bagikan:

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keragaman budaya dan tradisi. Salah satu keragaman tersebut adalah pada makanannya. Setiap daerha di Indonesia memiliki makahan khas masing-masing yang sesuai dengan budaya dan sumber daya alamnya di daerah tersebut, salah satunya Kota Banjarmasin.

Barjamasin memiliki makanan khas yang cukup terkenal dan banyak diminati. Kabupaten yang memiliki julukan kota seribu sungai ini memang terkenal dengan olahan kulinernya yang nikmat.

Kuliner khas Banjarmasin yang sudah populer di telinga masyarakat Indonesia adalah soto banjar. Soto banjar baru satu di antaranya banyaknya makanan khas ibukota Provinsi Kalimantan Selatan . 

Berikut ini beberapa makanan khas Banjarmasin yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Gangan Paliat

Gangan paliat merupakan makanan yang berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan untuk gangan paliat yakni ikan tauman, ikan baung, ikan patin, dan udang.

Makanan berkuah ini sekilas mirip dengan opor, namun berbeda. Gangan paliat memiliki kuah dari campuran santan dan kunyit yang lebih kental. Biasanya makanan ini disantap bersama nasi hangat.

Makanan khas Banjarmasin satu ini menawarkan rasa gurih dan lezat. Anda bisa menikmatinya dengan harga kisaran Rp20.000 / porsi.

Mandai

Makanan khas Banjar satu ini berbahan dasar buah cempedak. Cara penulis, yaitu dengan mengambil kulit buah cempedak. Kulit itu kemudian difermentasi.

Mandai memiliki rasa gurih nikmat. Ada juga yang diolah dengan rasa pedas. Makanan yang juga cocok untuk dinikmati sebagai lauk ini memiliki tekstur lembek atau lembut tergantung seberapa lama kulit cempedak direndam.

Nasi Itik Gambut

Jika di Jogja ada nasi kucing, di Banjar ada nasi itik gambut. Bentuk makanan ini berupa nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan disertai dengan lauk. Lauknya yakni daging itik yang dibumbui.

Rasa nasi itik gambut hampir menyerupai bumbu balado. Sedangkan daging itiknya memiliki tekstur lembut. Makanan ini paling nikmat disantap bersama sambal. Harganya 15.000/porsi.

Lontong Orari

Lontong khas Banjarmasin ini berbeda dengan lontong biasanya. Lontong orari memiliki bentuk pipih dan lebar. Cara makannya, lotong ini diguyur dengan kuah nangka dan disertai lauk ikan, ayam, atau telur rebus.

Makanan ini menawarkan rasa guruh dan pedas. Hagar satu porsinya Rp25.000. Satu porsi lontong ini berisi dua lontong ukuran besar.

Patin Baubar

Patin baubar berbahan dasar ikan patin. Bentuk makanan ini adalah pepes patin segar. Patin tersebut dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah. Patin dimasak menggunakan tungku yang berisi bara api tempurung kelapa.

Cara memasaknya itulah yang membuat patin baubar  memiliki rasa yang sedap dan khas. Makanan ini paling pas disantap dengan nasi hangat dan sambal acan atau terasi. Satu porsi patin baubar dihargai Rp20.000/porsi.

Itu tadi beberapa makanan yang wajib anda nikmati ketika sedang berkunjung ke Banjarmasin. Kuliner-kuliner tersebut tak bisa anda temui di negara lain. Rasanya yang sedap dan khas akan membuat anda ketagihan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luiar negeri di VOI .