Tips Merawat Ikan Channa Agar Semakin Menawan
Channa Barca (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)

Bagikan:

Semenjak meramaikan tren ikan hias di Indonesia, kini banyak yang dipelihara oleh orang. Ikan predator ini tak hanya diminati oleh para pecinta ikan, orang yang awan dengan ikan turut   tertarik untuk membelinya. Mereka terpikat oleh keindahan warna dan keunikan yang ditawarkan oleh ikan ini.

Bagi anda yang memiliki ikan channa, anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Perawatan yang baik kepada ikan ini bertujuan untuk menjaga kualitas ikan, mulai dari warna tubuh, bentuk tubuh, hingga kesehatannya . Semakin terawat ikan channa anda maka harga jualnya juga akan semakin meningkat.

Cara perawatan ikan channa meskipun sulit. Berikut tips cara merawat ikan channa yang perlu Anda ketahui.

Pilih Pakan yang Tepat

Makanan menjadi hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat ikan channa. Karena berjenis ikan predator, channa harus diberi makanan yang tepat. Pakan yang baik untuk ikan ini adalah ikan-ikan kecil.

Anda bisa memilih ikan molly, lele, cere, dan lain sebagainya untuk pakan channa. Ikan channa bisa melahap makanannya dalam kondisi mati maupun hidup.

Namun lebih baik channa diberi makanan ikan yang masih hidup. Pakan yang masih hidup bersifat segar. Selain itu, pakan tersebu juga melatih keterampilan berburu ikan ini. Sehingga kegesitan dan ketangkasannya sebagai ikan predator tetap terjaga.

Buat Dekorasi yang Nyaman

Tak beda dengan manusia, ikan pun membutuhkan tempat yang nyaman. Oleh karena itu, anda perlu membuat dekorasi akuarium yang tepat untuk ikan channa. Dekorasi harus disesuaikan dengan habitat ikan tersebut.

Ikan channa hidup diperairan air tawar di daerah yang rimbun. Maka dari itu tanaman air menjadi hiasan yang cocok untuk akuariumnya. Jika sulit mencari tanaman air, anda bisa memakai tanaman plastik.

Biar semakin lengkap, anda bisa menambahkan pasir, batu-batuan, hingga kayu. Dekorasi-dekorasi tersebut akan membuat ikan channa merasa seperti sedang berada di habitat aslinya.

Background Akuarium

Tak jauh beda dengan langkah yang kedua. Background akuarium juga harus disesuaikan dengan habitat ikan channa. Karena hidup di perairan yang rimbun oleh tanaman, anda perlu memasang background yang berwarna hijau atau hijau kehitam-hitaman.

Warna hijau pada background akan membuat akuarium memiliki kesan tegas. Nuansa warna tersebut akan mencolok perhatian ikan channa. Sedangkan warna hijau membuat akuarium memiliki nuansa segar dan alami.

Tampilan background tersebut selain untuk hiasan, juga bertujuan membuat ikan channa menjadi nyaman.

Memberi Tankmate

Pemberian tankmate juga penting dilakukan pada ikan channa. Tankmate akan membantu ikan channa satu sama lainnya dalam bertumbuh dan berkembang. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tankmate.

Tankmate paling tepat diberikan ketika usia ikan channa masih muda atau masih kecil. Sebab saat masih kecil, sifat ikan tersebut masih tenang dan kalem. Namun ketika sudah dewasa atau lebih besar ikan channa lebih baik dari tankmate. Sebab ikan channa dewasa memiliki sifat agresif dan buas.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luiar negeri di VOI .