Cara Sukses Berjualan di Tokopedia, Sampai Banjir Orderan
Tokopedia hadirkan TokoMart untuk sediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga hemat (Tokopedia)

Bagikan:

Banyak pemilik bisnis yang memilih Tokopedia sebagai tempat untuk berjualan online. Produk apa saja bisa anda temukan di sana, mulai dari elektronik, fesyen, perkakas, dan sebagainya.

Ketenaran Tokopedia memang tak diragukan lagi. Toko daring yang didirikan pada tahun 2009 ini kini telah memiliki lebih dari 90 juta pengguna. Tokopedia menarik banyak pengguna karena menawarkan fitur yang lengkap untuk jual-beli.

Banyak cerita sukses dari berjualan di Tokopedia. Beberapa orang mengatakan selalu kebanjiran orderan dari Tokped. Ada juga yang mengaku penghasilannya dari Tokped bisa lebih besar dari pekerjaan formalnya.

Siapa saja bisa sukses lewat jualan di Tokped, termasuk juga anda. Namun untuk dapat meraih kesuksesan tersebut ada beberapa langkah-langkah yang harus anda lakukan.

Berikut tips-tips jualan sukses di Tokopedia, biar selalu kebanjiran orderan.

Gunakan Power Merchant atau Official Store

Power Merchant adalah layanan keanggotaan/member untuk mendapat paket ekslusif dari Tokopedia. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anda dapatkan dengan sistem ini.

Dengan Power Mechant, toko-toko anda menjadi lebih terpercaya atau profesional. Selain itu, Toko anda memperoleh bonus kredit Topads sebanyak 5%. Selain itu, toko anda bakal mendapat promo-promo menarik dari Tokped.

Layanan-layanan tersebut akan membuat penjualan di toko anda meningkat. Fitur power merchat ada yang berbayar dan ada yang gratis.

  1. Masuk ke situs web Tokopedia.
  2. Pilih menu Upgrade jadi Power Merchant. Terletak di (sebelah kiri akun)
  3. Silakan verifikasi data diri dengan cara mengunggah foto KTP.
  4. Setelah itu, anda perlu menaikkan performa toko hingga >75 poin.
  5. Selesai.

Menggunakan Fitur TopAds

TopAds merupakan fitur iklan yang tersedia di Tokopedia. Fitur ini bisa digunakan oleh siapa saja dengan kebutuhannya masing-masing.

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapat ketika menggunakan fitur TopAds. Produk anda bisa menempati peringkat teratas dalam kolom pencarian Tokped. Dengan begitu toko anda akan memiliki jangkauan konsumen yang lebih banyak.

Pilihan iklannya ada banyak. Silakan anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda. Misalnya, anda memilih Rp100.000 ribu, maka bisa dipilih oleh 140-275 orang.

Berikut langkah-langkah memasang TopAds di Tokopedia.

  1. Masuk ke situs web Tokopedia.
  2. Pilih menu TopAds.
  3. Silakan Anda isi saldo TopAds dengan cara pilih menu Tambah Kredit.
  4. Ada beberapa metode pembayaran, silakan pilih sesuai keinginan Anda. Lalu bayar sesuai nominal.
  5. Jika sudah, silakan pilih Isi Kredit TopAds.

Setelah saldo terisi, sekarang giliran menampilkan iklan. Berikut langkahnya:

  1. Masuk ke situs web Tokopedia.
  2. Pilih menu TopAds.
  3. Tap Mulai Beriklan.
  4. Lalu atur Anggaran Harian, sesuaikan dengan budget iklan Anda.
  5. Tap Aktifkan Iklan Otomatis.
  6. Selesai.

Mengggunakan fitur Broadcast Chat

Broadcast chat merupakan fitur promosi langsung ke kolom chat konsumen. Fitur ini hampir serupa dengan email marketing. Broadcast chat akan otomatis aktif ketika anda sudah menerapkan fitu power merchant.

Dengan fitur ini anda lebih bisa Target broadcast chat ada tiga, yaitu pelanggan toko, follower toko, dan pembeli potensial.

Berikut cara penggunaan fitur broadcast chat:

  1. Masuk ke website Tokopedia. (karena hanya bisa digunakan lewat PC/Desktop)
  2. Pilih menu Chat (Inbox) > Broadcast Chat.
  3. Setelah itu akan muncul halaman baru. Lalu pilih Buat Pesan.
  4. Lalu lengkapilah konten anda dengan banner promosi dan tulisan copywriting.
  5. (Sebagai opsional) Anda bisa menambahkan bisa menambahkan voucher toko dan produk yang ingin dipromosikan.
  6. Lalu pilihlah Target Penerima, yaitu bisa follower, pembeli potensial, ataupun pelanggan.
  7. Isi budget iklan. Anda bisa mengambil dari kredit TopAds. Nanti juga ada perhitungan total target yang menerima.
  8. Jika semua sudah lengkap, lalu Kirim Pesan.
  9. Selesai.

Anda juga perlu mengatahui waktu-waktu yang tepat untuk mengirimkan broadcast chat ini. Periode yang tepat, di antaranya saat rilis produk baru, di tanggal-tanggal gajian, dan saat Tokped mengadakan promo.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.