Dorong UMKM Jadi Pahlawan Ekonomi, <i>Go Digital</i> Jadi Strategi Produk Kreatif
Ilustrasi paket kurir produk UMKM (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah tengah membuka banyak peluang bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai katalis pertumbuhan ekonomi. Hal ini melalui konsumsi produk-produk UMKM terutama ditopang fasilitas digital.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam mengatakan, dengan adanya produk UMKM yang digita, akan menjadi strategi yang sangat baik.

"Dengan jutaan produk UMKM yang go digital, branding dan word of mouth secara kreatif menjadi strategi produk kreatif yang tak dapat terhindarkan di era digital kini. Disisi lain, UMKM perlu bergabung dengan komunitas agar memiliki semangat yang sama supaya para anggotanya bisa naik kelas," ucapnya di Jakarta, Kamis, 9 Februari.

Lebih lanjut, kata El Himam, pihaknya terus mendukung konsistensi platform digital seperti Goto Group bagi UMKM melalui GoSend dengan beragam program peningkatan kapasitas, serta dukungan pemasaran yang kreatif dari Komunitas ‘Best Seller GoSend’.

"Harapannya, produk UMKM terus jadi pilihan masyarakat dan lebih banyak lagi UMKM naik kelas," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Head of Marketing Logistics Gojek Theresia Nadya menyebut, di balik berbagai tantangan yang ada pada tahun ini, pihaknya melihat kesempatan yang mana masyarakat semakin menggemari berbelanja dan berjualan online.

"Kami pun senang GoSend terus menjadi pilihan masyarakat, baik untuk kebutuhan personal maupun berjualan sehari-hari," kata Theresia.

Menurut dia, populernya tren berjualan secara daring di masyarakat tentunya tidak hanya didukung oleh kemudahan dan komprehensifnya layanan GoSend dalam mendukung bisnis, tetapi juga oleh kisah sukses, inspiratif, dan menarik lainnya dari berbagai bisnis online yang ditemukan berkat hadirnya Komunitas 'Best Seller GoSend'.

"Dengan program dan inisiatif komunitas yang sangat variatif dalam mendukung peningkatan kapasitas pembelajaran, serta promosi usaha, kami harapkan online seller dapat terus berjejaring, serta naik kelas bersama ribuan kisah sukses lainnya," ujarnya.

Apalagi, GoTo Group atau PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melalui layanan logistik on-demand GoSend memperkukuh komitmen untuk mendukung online seller dapat terus naik kelas di tengah berbagai tantangan ekonomi, dengan mengeluarkan terobosan baru bertajuk Komunitas 'Best Seller GoSend'.

Melalui Komunitas 'Best Seller GoSend', para pelaku UMKM khususnya online seller, dapat memperoleh berbagai macam dukungan bisnis, seperti pelatihan, promo eksklusif, eksposur media, hingga kesempatan bekerjasama dengan Ariel Noah selaku brand ambassador GoSend.