Sentuh Bisnis Kesehatan, Gojek Hadirkan Fitur GoMed: Layanan Fasilitasi Vasinasi COVID-19
Pelayanan vaksinasi COVID-19 drive thru. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

Perusahaan besutan Nadiem Makarim, Gojek, mengeluarkan  fitur baru bernama GoMed. GoMed merupakan program kerjasama antara Gojek dan Halodoc.

Aplikasi Karya Anak Banga menyediakan fasilitasi vaksinasi COVID-19 melalaui GoMed. Program baru tersebut merupakan apresiasi Gojek terhadap gerakan pemerintah dalam penanganan kesehatan.

Melalui GoMed, Gojek menyediakan akses penjadwalan vaksinasi bagi masyarakat. Armada mobil disiapkan oleh Gojek di area vaksinasi COVID-19, guna melancarkan jalannya pelaksanaan.

Mobil tersebut menjadi bantuan dan fasilitas bagi masyarakat yang datang tanpa membawa kendaraan, sehingga protokol kesehatan bisa terjaga.

Kevin Aluwi, Co-CEO Gojek, mengungkapkan sangat gerakan dan program pemerintah dalam pemberia vaksin prioritas kepada masyarakat lansia.

“Kami berterima kasih pemerintah telah mendukung dan memberi kepercayaan kepada ekosistem kami sehingga kami dapat terus berkontribusi sebagai mitra dalam edukasi terkait COVID-19,” tuturnya dalam keterangan pers seperti yang dikutip pada Jumat, 5 Maret.

Selain itu, Kevin menyampaikan pula penghargaan atas kepedulian negara yang turut memilih mitra pengemudi Gojek untuk masuk dalam fase awal penerima vaksin.

“Kami juga berterima kasih pemerintah telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, sehingga turut andil menekan penyebaran virus COVID-19,” katanya.

Kolaborasi Halodoc dengan Kemenkes

Dalam kesempatan yang sama, CEO Halodoc Jonathan Sudharta menyebut pihaknya merupakan mitra resmi pertama dan satu-satunya bagi Kemenkes dalam menghadirkan pos pelayanan vaksinasi melalui metode drive thru.

“Kami akan terus memaksimalkan kemampuan kami dalam membantu percepatan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Kami percaya bahwa kolaborasi lintas stakeholder ini dapat membantu pencapaian target yang telah ditetapkan pada tahun ini,” jelas dia.

Mekanisme Drive Thru Vaksinasi COVID-19

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan menghadirkan pos pelayanan vaksinasi COVID-19 melalui mekanisme drive thru. Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi.

Kemudian, ditunjuk pula Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi. Program ini sendiri diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu, 3 Maret.

Cara Mengakses GoMed

Selain di Jakarta vaksinasi drive thru tersebar di 11 kota lain di Indonesia. Untuk mengakses layanan ini masyarakat tinggal mengunduh aplikasi Halodoc, kemudian memilih lokasi dan waktu vaksinasi yang tersedia. Informasi Vaksinasi COVID-19 ini juga bisa diakses melalui layanan GoMed di aplikasi Gojek.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.