6 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Cuan Berlimpah dari Rumah
Usaha rumahan yang tidak ada matinya. (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Membuka usaha tidak harus memiliki toko atau lapak, Anda juga bisa menjalankan bisnis dari rumah. Sudah banyak orang yang melakukan bisnis dari rumah dan terbukti mampu mendatangkan cuan berlimpah. Ada beberapa usaha rumahan yang tidak ada matinya untuk Anda coba.

Bisnis rumahan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga (IRT) hingga anak muda atau pelajar. Ada banyak kelebihan dari membangun usaha rumahan, mulai dari waktu yang fleksibel dan lebih hemat biaya. Anda bisa menjual beragam produk dari rumah dan memasarkannya secara online atau memakai media digital. 

Sudah banyak cerita orang yang sukses dari bisnis rumahan, dengan pendapatan yang tak kalah dari kerja kantoran atau PNS. Ada pula orang yang membuka usaha rumahan untuk penghasilan tambahan. Bagi Anda yang tertarik melakukannya, lantas apa saja usaha rumahan yang tidak ada matinya?

Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang bisa Anda jalani untuk meraup cuan dari rumah. Namun disarankan untuk memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya atau produk-produknya selalu dibutuhkan kapanpun. 

Berikut ini beberapa rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya, yang mungkin bisa Anda coba baik sebagai penghasilan utama maupun untuk income tambahan:

Warung Sembako

Salah satu usaha rumahan yang banyak dipilih untuk mencari cuan adalah membuka warung sembako. Bisnis warung sembako termasuk usaha rumahan yang tidak ada matinya atau tak pernah sepi pembeli. Sebab produk-produk yang dijual merupakan kebutuhan primer, seperti telur, minyak, beras, bumbu dapur, dan sebagainya. 

Coffee Shop

Coffee shop juga menjadi salah satu usaha rumahan yang tak pernah mati atau selalu memiliki pelanggan. Bisnis warung kopi kekinian saat ini tengah menjamur atau banyak berkembang, baik di kota besar maupun kota-kota kecil. Banyak anak-anak muda yang tertarik membuka coffee shop dengan menargetkan mahasiswa hingga pekerja. 

Bisnis coffee shop tak pernah sepi karena banyak orang gemar nongkrong sembari ngopi atau mencari tempat untuk mengerjakan tugas. Supaya coffee shop Anda selalu ramai pengunjung, Anda harus bisa menyediakan menu yang enak dan tempat yang nyaman. 

Jasa Laundry

Bisnis rumahan yang juga tak pernah mati adalah jasa laundry. Usaha laundry tidak mengenal musim mengingat setiap orang membutuhkan jasa untuk mencuci pakaian. Untuk menjalankan usaha ini, Anda tinggal membeli mesin cuci dan mempersiapkan ruang khusus laundry di rumah. 

Usaha jasa laundry sangat menggiurkan bagi Anda yang tinggal di perkotaan, sekitar kampus, dan dekat pabrik. Lingkungan tersebut biasanya ditinggali oleh orang-orang yang sibuk dan ingin praktis untuk menyiapkan segala keperluan harian. Oleh karena itu, usaha laundry yang buka di area tersebut tak akan pernah sepi pelanggan. 

Jualan Makanan atau Cemilan

Ide bisnis rumahan lainnya yang tidak ada matinya adalah jualan makanan dan minuman. Mengingat makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok setiap orang, usaha rumahan ini dipastikan akan selalu memiliki pembeli atau pelanggan. 

Ada berbagai bentuk produk makanan dan minuman yang bisa Anda jual. Misalnya berjualan kue, roti, cemilan, minuman gelasan, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa katering untuk membantu menyediakan makanan bagi orang-orang yang sibuk atau acara-acara seperti rapat kantor dan instansi. 

Budidaya Ikan atau Tanaman

Anda juga bisa memulai budidaya ikan atau tanaman sebagai usaha rumahan. Bisnis berjualan tanaman dan ikan hias bisa menjadi ladang cuan karena banyak orang yang mencarinya. Banyak penghobi ikan hias dan tanaman yang rela membayar mahal untuk jenis ikan atau tanaman tertentu. 

Jasa Cuci Motor dan Mobil

Rekomendasi usaha rumahan lainnya yang tak pernah mati adalah jasa cuci motor dan mobil. Bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena setiap orang butuh mencuci kendaraannya setiap saat. Apalagi saat musim hujan, usaha cuci motor Anda dipastikan akan ramai pelanggan. 

Demikianlah beberapa usaha rumahan yang tidak ada matinya, yang bisa Anda jadikan pilihan bisnis untuk mengumpulkan cuan. Sejumlah ide bisnis di atas memiliki prospek yang menjanjikan karena selalu dibutuhkan orang-orang kapanpun. Baca juga manfaat sertifikasi izin PIRT bagi bisnis makanan dan minuman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.