Jenis-jenis Entrepeneur Dibedakan dari Bidang Bisnis yang Dijalankan
Jenis-jenis entrepreneur (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang tertarik untuk menjadi pebisnis atau entrepreneur dibanding bekerja kantoran atau sebagai PNS. Ada banyak bidang bisnis yang bisa digeluti untuk mencari penghasilan sebagai entrepreneur. Jika Anda berminat menjalani profesi ini maka ketahui dulu jenis-jenis entrepreneur.

Entrepreneur adalah seseorang yang berprofesi sebagai wirausaha yang mandiri atau membuka bisnis sendiri. Seorang entrepreneur tidak sekadar berdagang atau jualan produk, namun harus mampu mengembangkan usahanya, menghadirkan inovasi baru, hingga perluasan usahanya. 

Era digital seperti sekarang semakin memudahkan aktivitas entrepreneurship untuk berjalan lebih cepat dan masif. Dunia bisnis semakin berkembang hingga memunculkan beberapa jenis entrepreneur pada bidang yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Entrepreneur

Entrepreneur adalah seorang yang pandai menyelesaikan masalah dan menghadirkan perubahan melalui bisnis yang dibangun. Di Indonesia ada banyak jenis-jenis entrepreneur yang sedang berkembang, yang dibedakan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. 

Berikut ini beberapa jenis entrepreneur yang perlu Anda tahu jika ingin menekuni profesi ini:

Sociopreneur

Seorang entrepreneur memiliki dua tujuan dalam menjalankan usahanya. Sociopreneur berasal dari gabungan dua kata yaitu Social dan Entrepreneur, yang berarti mengelola usaha untuk mencapai profit sekaligus memberikan manfaat sosial kepada banyak orang. 

Sociopreneur memproduksi barang atau jasa yang bermanfaat bagi masyarakat secara luas, sambil tetap mendapatkan keuntungan dari bisnis mereka. Mereka memiliki aspirasi untuk menciptakan dunia yang lebih baik melalui produk-produk yang mereka hasilkan. Sebagai contoh, pemilik kitabisa.com adalah seorang sociopreneur. Platform ini membantu memfasilitasi pendanaan masyarakat melalui sistem crowdfunding.

Technopreneur

Technopreneur adalah pengusaha yang memanfaatkan teknologi sebagai dasar untuk menjalankan bisnisnya. Bisnis dalam bidang teknologi bergerak dengan cepat sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat secara signifikan. 

Keberhasilan seorang technopreneur seringkali memudahkan mereka dalam menarik investor untuk mensupport bisnisnya. Beberapa contoh technopreneur yang sukses secara global dalam membangun bisnisnya adalah Bill Gates pendiri Microsoft, Mark Zuckerberg pendiri Facebook, dan Jeff Bezos  pendiri Amazon.

Ecopreneur

Ecopreneur adalah jenis wirausahawan yang menjalankan bisnis sembari mempeduli pelestarian lingkungan. Prinsip utama ecopreneur adalah menjalankan usaha yang memberikan dampak positif pada lingkungan, seperti memproduksi barang yang ramah lingkungan, mengajak konsumen untuk mendaur ulang kemasan produk, dan tindakan sejenisnya.

Foodpreneur

Foodpreneur adalah seorang wirausahawan yang bergerak di bidang kuliner. Foodpreneur selalu peka terhadap peluang dan tren yang berkembang dalam industri kuliner, termasuk dalam hal makanan dan desain restoran. 

Foodpreneur saat ini tengah berkembang pesat di kota-kota besar, seiring dengan tingginya minat konsumen terhadap makanan. Contoh foodfrepenur sukses di Indonesia adalah Johnny Andrean pemilik J.Co Donuts & Coffee.

Mompreneur

Mompreneur adalah jenis kewirausahaan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Mompreneur memiliki tantangan khusus dalam menjaga keseimbangan antara menjalankan bisnis dan mengurus rumah tangga. Seorang mompreneeur menunjukkan bahwa ibu rumah tangga memiliki potensi untuk menjadi pengusaha yang kreatif dan mandiri.

Seniman Entrepreneur

Tipe entrepreneur berikutnya sangat produktif dalam menciptakan karya dengan tingkat kreativitas tinggi. Seniman entrepreneur memiliki kesadaran yang kuat terhadap tindakan mereka dalam dunia bisnis. Contoh-contoh tokoh yang termasuk dalam kategori ini, di antaranya Aamir Khan pendiri Dell Michael Dell, MC Cormich dari EMI, Garin Nugroho profesional di bidang perfilman, Ayu Laksmi dan Sujiwo Tejo sebagai penulis.

Demikianlah jenis-jenis entrepreneur yang perlu Anda tahu jika berminat menjalankan bisnis atau menjadi pengusaha. Anda bisa menjadi entrepreneur dalam salah satu bidang seperti yang sudah disebutkan di atas. Supaya lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, sebagainya pilih bidang bisnis yang dikuasai atau berhubungan dekat dengan latar belakang Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.