Perbincangan Konser Pesta Rakyat Dewa 19 Menurut Pantauan Netray
Ari Lasso, Once Mekel, Ello, dan Virzha menyemarakkan konser Dewa 19 di JIS, Jakarta Utara pada 4 Februari 2023. (Diah Ayu Wardhani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara pada 4 Februari lalu berlangsung sukses. Total ada 35 lagu yang dibawakan Ahmad Dhani dan kawan-kawan dalam konser yang berlangsung selama 4 jam tersebut.  

Tak hanya menyoal aksi panggung Dewa 19 yang menghadirkan 4 vokalis, yakni Ari Lasso, Once Mekel, Ello, dan Virzha, kondisi JIS dan kehadiran para tokoh ternama Tanah Air sebagai penonton konser juga menjadi perbincangan hangat di Twitter.

Tampak hadir di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono beserta istri dan anaknya, serta Rocky Gerung, Nazwa Shihab, dan Anies Baswedan.

Dari pantauan Netray, perbincangan pegiat Twitter yang menggunakan kata kunci ‘Dewa 19’ sudah muncul sejak dua hari sebelum penyelenggaraan konser dengan intensitas di atas 1.000 twit. Lalu melonjak drastis pada 5 Februari 2023 dengan total 8.842 twit dalam satu hari.

Keseluruhan respon pegiat Twitter terkait topik tersebut terpantau cukup tinggi. Selama periode pemantauan 2-8 Februari 2023, Netray telah mengunggah 25.682 twit yang mencapai 3,5 juta impresi dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Secara potensial juga dapat menjangkau setidaknya 188,5 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Statistik pemantauan Netray dengan kata kunci ‘Dewa 19’ periode 2-8 Februari 2023. (Netray)

“Dari twit yang berhasil dikumpulkan Netray, terpantau 6.203 twit merupakan unggahan dengan sentimen positif. Sedangkan 8.201 twit lainnya adalah twit dengan sentimen negatif,” tulis Netray dalam laporannya pada 10 Februari 2023.

Salah satu perbincangan yang populer dari topik tersebut adalah pengalaman menonton konser Dewa 19. Akun @shitlicius meraup impresi terbanyak. Ia membuat utas dengan twit pembuka mengenai derita ketika menonton konser Dewa 19.

@shitlicius menceritakan sejumlah permasalahan yang ia terima pada pekan lalu. Mulai dari masalah penukaran tiket, kehabisan tempat duduk, hingga keterjangkauan venue. Meskipun terhibur dengan penampilan band, @shitlicius merasa kecewa dengan penyelenggara acara (EO) konser Dewa 19.

“Unggahan-unggahan dari akun @shitlicius berhasil meraup 39.424 impresi dari pegiat Twitter dan menempati posisi pertama akun dengan impresi terbanyak,” kata Netray.

Di tempat kedua terdapat akun @starfess dengan impresi sebanyak 31.696 kali. Unggahan terpopuler dari pegiat Twitter pada akun ini memperlihatkan gambar storygram dari selebritis Ananda Omesh dan istrinya, Dian Ayu Lestari. Omesh diketahui menonton konser Dewa 19, sedangkan Dian pada waktu yang sama menonton konser EXO di Pantai Ancol.

Bernuansa Politik

Tak hanya itu, banyak pula akun yang menampilkan sisi lain dari konser Dewa 19. Alih-alih mengomentari penampilan band di atas panggung, akun semisal @Miduk17 yang meraup total impresi sebanyak 18.956 kali justru mengomentari JIS sebagai venue konser.

@Miduk17 menyoroti minimnya transportasi umum, area parkir yang terbatas, hingga pintu keluar area stadion yang hanya disediakan di dua tempat. Sudut pandang ini menyeret nama Anies Baswedan ke dalam perbincangan. Perbincangan kemudian mengarah ke politik.

Seperti diketahui, JIS diresmikan pada 24 Juli 2022 oleh Anies ketika masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Penggunaan JIS sebagai venue konser yang mampu menampung 70 ribu orang dianggap upaya mempopulerkan Anies sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Meski begitu, pembicaraan seputar sosok Anies dan JIS bukan menjadi yang populer. Hanya menempati posisi kedua dengan 2.634 kali penyebutan. Paling populer justru Prabowo Subianto dengan 3.430 kali penyebutan. Kehadiran Prabowo menjadi buah bibir utama pegiat Twitter dengan berbagai macam sudut pandang perbincangan,” imbuh Netray menutup laporannya.

Minta Maaf

Redline Kreasindo sebagai promotor konser Dewa 19 meminta maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi saat penyelenggaraan konser. Antara lain, soal kekacauan tempat duduk hingga alur keluar JIS setelah konser selesai.

CEO Redline Kreasindo Rionaldo Liputo menyebut kondisi tersebut adalah hal yang wajar karena secara bersamaan penonton keluar menuju area parkir atau shuttle bus yang telah disiapkan untuk para penonton.

“Sebagai pihak penyelenggara dan penyedia venue kami mohon maaf atas kejadian yang terjadi saat arus kepulangan setelah selesai acara," kata Liputo mewakili promotor dan penyelenggara dalam siara pers pada 8 Februari 2023.

Liputo juga meminta maaf karena adanya miskomunikasi dalam penunjuk arah yang dibuat di area konser sehingga menyebabkan banyak penonton di area tribun tidak mendapatkan tempat duduk. Namun, dia memastikan tidak ada double print atau double ticket.

Grafik Top Accounts dengan impresi terbanyak menurut pantauan Netray terkait konser Dewa 19. (Netray)

“Kami akan membuat eveluasi menyeluruh untuk pembelajaran, sebagai catatan internal untuk lebih baik lagi kedepannya,” imbuh Liputo.

Punggawa Dewa 19, Ahmad Dhani lewat instagramnya satu hari pascakonser juga mengucapkan terimakasih kepada 60 ribu Baladewa dan Baladewi (sebutan fans Dewa 19) yang telah hadir pada gelaran Pesta Rakyat 30 tahun Dewa 19 Berkarya.

Perhelatan akbar tersebut menjadi tonggak sejarah untuk musik Indonesia. Khususnya untuk Dewa19 beserta Baladewa Baladewi yang berkumpul menyebarkan cinta kepada sesama.

“Semoga “Pesta Rakyat” kemarin akan selalu membekas di ingatan kalian,” tulis Dhani.