Kuota Calon Haji Asal Bangka Sebanyak 109 Orang
Sosialisasi pemberangkatan haji asal Kabupaten Bangka (ANTARA/Kasmono)

Bagikan:

BANGKA - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan, jumlah kuota calon jemaah haji tahun 2022 yang ditetapkan sebanyak 109 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Seniadi di Sungailiat Rabu mengatakan kuota jemaah calon haji yang sudah tetapkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 109 orang terdiri dari calon haji laki-laki dan perempuan.

Dia mengatakan jumlah calon haji yang ditetapkan tersebut sebelumnya sebanyak 270 orang namun karena terdapat aturan pembatasan usia oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi, jumlah akhir hanya 109 orang.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hanya memperbolehkan calon haji dengan usia maksimal 65 tahun, sehingga memaksa pengurangan jumlah jamaah yang usianya di atas ketentuan," jelasnya dilansir Antara, Rabu, 11 Mei.

Menurutnya, pemberangkatan calon haji Indonesia ke Tanah Suci Mekkah pada 4 Juni 2022 mendatang, dan calon haji asal Bangka Belitung akan ditetapkan berikutnya termasuk dalam kelompok terbang.

"Kita semua berharap pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga seluruh jamaah haji yang terdaftar sebelumnya atau usia di atas 65 tahun dapat kembali berangkat menunaikan ibadah haji, sedangkan calon haji cadangan ditetapkan sebanyak 30 orang," jelasnya.

Seniadi menjelaskan semua jemaah calon haji asal Kabupaten Bangka semuanya sudah mendapat bimbingan mulai saat pemberangkatan hingga pelaksanaan ibadah haji.

"Saya sarankan seluruh calon haji dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga tidak mengalami kendala pada saat berangkat sampai kembali ke Tanah Air," kata dia.

Sementara salah satu calon haji Siraman mengatakan dirinya bersyukur dapat berangkat ke ibadah ke Tanah Suci Mekkah dimana sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

"Jadwal awal berangkat ke Mekkah tahun 2020, namun karena kondisi pandemi mengakibatkan tertunda pemberangkatan dan semoga berangkat ibadah haji tahun ini tidak ada kendala," kata Siraman yang mengaku sebagai calon haji daftar tunggu selama 11 tahun.

Dia mengatakan semua tahapan pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah sudah diselesaikan termasuk syarat wajib vaksin meningitis haji, tinggal menunggu sarana kelengkapan dari Kemenag seperti, koper haji, latihan manasik.